Hukum Puasa Sunnah di hari Tasyrik ?

 Hukum Puasa Sunnah di hari Tasyrik ?


Hukum Puasa Sunnah di hari Tasyrik ?

Assalamualaikum.....

 

 

Sebagian teman-teman kita bertanya tentang Hukum puasa sunnah di hari tasyrik. Apakah pada hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah) diperbolehkan untuk melakukan puasa sunnah?

Dalam kitab Matan Al Ghoyah At Taqrib karangan Abu Syuja’, bahwa ada lima hari diharamkan puasa, yaitu dua hari raya (idul fitri, dan idul adha), dan tiga hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah).
Alasannya adalah sabda Rasulullah SAW,
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Imam Muslim no. 1141)
Dalam kitab Iqna’ juga disebutkan bahwa Hari tasyrik ialah tiga hari setelah Idul Adha (hari nahr). 
Mengenai hukum berpuasa sunnah di hari tasyrik terbagi menjadi dua, pertama bagi orang yang tidak sedang melaksanakan manasik tamattu’ maka haram berpuasa.
Kedua  bagi yang sedang manasik tamattu’ maka hukumnya khilaf dikalangan ‘Ulama.

Imam Nawawi rahimahullah menuturkan, “Pendapat yang terkuat menurut ulama Syafi’iyah yaitu tidak boleh berpuasa pada hari tasyrik baik untuk jamaah haji yang menjalankan manasik tamattu’ atau selain mereka.
Akan tetapi pendapat yang kuat bahwa puasa bagi jamaah haji yang menjalankan tamattu’ dibolehkan dan dikatakan sah. Karena ada hadits yang meringankan puasa seperti ini. Itulah pendapat yang didukung oleh hadits yang lebih tegas dan tak perlu berpaling pada selain pendapat ini.” (Al Majmu’, 6: 313).

Hukum haram puasa di hari tasyrik sendiri tidak hanya sebatas dalam puasa sunnah, qadla’ puasa wajibpun juga haram dilakukan di hari tasyrik. Meski kita harus menyegerakan puasa qadla’ yang tidak ma’dzur (ditinggalkan tidak karna ada udzur), kita tidak boleh berpuasa pada tanggal 1 syawal (hari raya Idul Fitri) begitu juga dengan hari-hari lain yang diharamkan berpuasa.
Semoga penjelasan Hukum Puasa Sunnah di hari Tasyrik di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca, terutama bagi penulis sendiri.

Wassalamualaikum.....
                                                             Mustofa Al-Hasany





Previous
Next Post »