Waktu Shalat Wajib 5 Waktu

Waktu Shalat Wajib 5 Waktu

Waktu Shalat Wajib 5 Waktu

Sholat adalah suatu hal wajib dan harus dilakukan oleh ummat islam, karena menjadi salah satu Rukun Islam (tiang Agama). Jika rukun  atau tiang ini dilanggar maka akan menyebabkan robohnya agama. Makanya Rasulullah sangat mewanti-wanti ummatnya agar tetap melaksanakan Shalat.


Shalat maktubah atau shalat yang diwajibkan ummat pada ummat Islam itu ada lima seperti yang telah banyak baik dalam Hadits atau dalam kitab-kitab fikih, waktu-waktu itu sebagai berikut:

1.       Shalat Maghrib, waktunya iyalah mulai dari terbenamnya matahari sampai hilangnya mega merah di ufuk barat, namun pendapat yang lain mengatakan hanya kira-kira waktunya orang adzan, wudhu, menutupi aurat, kemudian Shalat Maghrib, dan ditambah perkiraan shalat 5 rakaat.Shalat maghrib adalah shalat yang paling singkat waktunya.

2.       Shalat Isya’, Waktunya dimulai dari hilangnya mega merah sampai keluarnya fajar Shadiq (yang benar-benar fajar) bukan fajar Kadzib. Shalat Isya’ adalah Shalat yang paling panjang waktunya.

3.       Shalat Shubuh, waktunya dimulai dari munculnya fajar Shadiq sampai munculnya matahari. Shalat ini termasuk Shalat yang sulit dikerjakan meski hanya dua Rakaat, dikarenakan memang waktunya adalah waktu dimana orang masih mengantuk.

4.       Sholat Dhuhur, Waktunya dimulai dari condongnya Matahari kearah barat sampai bayangan benda menjadi dua kali lipat dari benda yang terkena sinarnya.

5.       Sholat Ashar, waktunya dimulai dari setelahnya waktu dhuhur sampai dengan terbenamnya matahari.


Mungkin sekian dulu tentang Sholat maktubah atau Shalat fardlu 5 waktu yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca terlebih pada penulis sendiri.

                                                                         Mustofa Al-Hasany
Previous
Next Post »