CARA DAN BACAAN NIAT WUDLU ARAB DAN LATIN

CARA DAN BACAAN NIAT WUDLU ARAB DAN LATIN


Assalamualaikum.......

Wudlu adalah salah satu cara bersuci dalam agama Islam, tanpa wudlu sholat tidak akan sah, karna salah satu syarat sholat adalah harus suci dari hadats kecil dan hadats besar, sedangkan cara menyucikan hadats kecil adalah dengan berwudlu.
                                       
Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa fardlu atau rukunnya wudlu itu ada 6 yaitu:

CARA DAN BACAAN NIAT WUDLU ARAB DAN LATIN
1      Membaca niat wudlu dalam hati, namun juga disunnatkan untuk melafalkannya dengan lisan agar membantu hati dalam membaca niat wudlu. Lafal niat wudlu adalah
نويت الوضوء لرفع الحدث الاصغرفرضا لله تعالى
Artinya: saya niat berwudlu untuk menghilangkan hadats kecil fardlu karna Allah Ta’aala.

2      Membasuh muka 3 kali, batasan muka yang harus dibasuh dalam wudlu adalah diantara dua telinga (kesamping), dan mulai dari tumbuhnya rambut sampai bawahnya dagu (keatas). Dan saat membasuh muka inilah kita diwajibkan membaca niat dalam hati. Jadi, niat wudlu dibaca bersamaan dengan membasuh muka, bukan sebelumnya.

3      Membasuh kedua tangan sampai kedua sikut.

4      Mengusap sebagian kepala. perlu diketahui, disini yang wajib adalah sebagian kepala, bukan sebagian rambut. Jadi, tidak masalah jika ada orang yang tidak punya rambut J.

5      Membasuh kedua kaki sampai kedua mata kaki.

6      Tertib. Yakni rukun-rukun wudlu di atas harus diurut, tidak boleh dibolak-balik. Setelah berwudlu kita juga disunnahkan berdoa.

Baca juga: Doa setelah melakukan Wudlu'
Mungkin sekian yang bisa kami bagikan tentang cara dan bacaan niat wudlu arab dan latin, semoga bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi penulis sendiri.
Wassalam.............
                                                                                Mustofa Al-Hasany


Previous
Next Post »