4 Hal Yang Membatalkan Wudhu Dalam Islam

4 Hal Yang Membatalkan Wudhu Dalam Islam

4 Hal Yang Membatalkan Wudhu Dalam Islam

Sebelumnya saya sudah membahas tentang niat dan tata cara berwudlu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang apa saja yang membatalkan wudlu.

Kenapa saya anggap penting untuk membahas hal-hal yang membatalkan wudlu? Karena wudlu adalah yang sangat penting dalam agama Islam. Mau shlat harus wudlu, mau ngaji harus wudlu, mau Tlawaf harus wudlu, dan juga sunnah disetiap pekerjaan kita melakukan wudlu.


Jadi, hal-hal yang membatalkan wudlu itu ada 4 dalam madzhad Syafi’:

1)      Keluarnya sesuatu apapun dari 2 jalan kemaluan Qubul dan Dubur (depan dan belakang), tak peduli entah itu angin, api, air, tanah, wah udah kayak elemen afatar aja  J, apapun itu jika keluar dari 2 jalan tersebut maka tetap akan membatalkan wudlu

2)      Hilangnya Aqal disebabkan tidur atau yang lain, seperti mabuk atau pingsan. Kecuali tidurnya orang yang duduk mutamakkin (menetapkan bokong pada bumi dalam keadaan duduk), maka tidak sampai membatalkan wudlu.

3)      Bersentuhan antara laki-laki dan perempuan yang sama-sama baligh dan bukan mahram (Muhrim), jika salah satunya belum akan tetapai sudah sampai batas bisa disyahwati maka juga membatalkan wudlu.

4)      Menyentuh kemaluan baik itu qubul atau dubur dengan telapak tangan, telapak tangan adalah bagin putih-putih tangan. Jika menyentuh kemaluan dengan pinggiran atau ujung jemari maka tidak membatalkan wudlu.

Mungkin sekian apa yang bisa kami sampaikan tentang hal-hal yang membatalkan wudlu, semoga artikel ini bermanfaat kepada pembaca terutama penulis sendiri.
Previous
Next Post »